1 Oktober 2012

Basic Service Set (BSS) dan Extended Service Set (ESS)

,
Basic Service Set (BSS)

Gambar 1
Basic Service Set atau BSS merupakan suatu sebutan dalam jaringan wireless yang maksudnya dalam satu jaringan wireless hanya terdapat satu access point yang berfungsi sebagai sentral dari jaringan wireles tersebut. Tetapi ada yang disebut dengan Independent Basic Service Set (IBBS) yaitu adalah sebuah jaringan yang berdiri sendiri (stand-alone) dan jaringan ini tak dapat berkomunikasi dengan BSS lain. Jaringan seperti ini disebut dengan jaringan ad-hoc. Dengan arsitektur ad-hoc ini, piranti-piranti komputer membentuk jaringan tanpa memerlukan sebuah AP, yang mereka menempatkan satu sama lain untuk berfungsi sebagai BSS.
Extended Service Set (ESS)

Extended Service Set (ESS) adalah jaringan yang terbentuk dari dua atau lebih BSS dengan AP. Dalam hal ini antar BSS terdistribusi melalui sistem jaringan, yang biasanya adalah jaringan LAN. Jaringan LAN ini disambungkan ke AP pada setiap BSS. Satu station ke station lain di dalam satu BSS dapat berkomunikasi baik melalui AP ataupun tanpa AP. Sedangkan dua buah station yang berada di dua BSS yang berbeda
akan berkomunikasi setelah melalui dua AP. Arsitektur ini mirip dengan sistem komunikasi seluler, yang mana masing-masing BSS berlaku seperti sel dan masing4 masing AP berlaku seperti halnya station radio basis. Catatan bahwa ada kemungkinan sebuah mobile station menjadi anggota lebih dari satu BSS pada saat yang bersamaan. 

0 komentar to “Basic Service Set (BSS) dan Extended Service Set (ESS)”

Posting Komentar

 

Iseng Iseng Copyright © 2011