24 September 2012

Bluetooth

,
Bluetooth merupakan salah satu teknologi nirkabel yang paling populer dan sering digunakan. Bluetooth menggunakan pita frekuensi 2,4 Ghz atau tepatnya antara 2,402 sampai dengan 2,480 Ghz yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host to host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas.


Nama Bluetooth itu sendiri berasal dari nama  raja Denmark yang berkuasa di akhir abad kesepuluh. Dia bernama Harald Blatand. Di wilayah Inggris, nama raja ini diucapkan Harald Blueetoth. Dengan kekuasaannya, dia bisa mendamaikan suku-suku di sebagian wilayah Eropa yang selalu berkonflik.
Kemampuan ini mirip dengan kemampuan Bluetooth yang mampu menghubungkan berbagai perangkat yang berbeda. Kesamaan inilah yang kemudaian menjadikan nama bluetooth dijadikan sebagai nama temuan tersebut.
Dengan menggunakan bluetooth komunikasi antara dua perangkat dapat dilakukan dengan lebih mudah tanpa kesulitan menggunakan kabel lagi. Teknologi Bluetooth memungkinkan komunikasi dan perpindahan data dapat dilakukan dalam jarak sampai 10 meter dengan kecepatan hingga 720 kilobites per second (kbps) per saluran.


Keamanan Data dan Jaringan ? Tiga mode keamanan
-  Dua tingkat device trust
-  Tiga tingkat keamanan layanan
-  Enkripsi stream untuk confidentiality,
-  Challenge response untuk authentication,
-  PIN-derived key
-  Limited management
Jangkauan Sekitar 10 meter dan dapat diperluas sampai 100 meter
Throughput ~ 720 kbps
Kelebihan ? 
- Tanpa kabel,
- Sinyal dapat menembus tembok/halangan,
- Biaya relatif murah,
- Berdaya rendah, dan
- Hardware yang relatif kecil.
Kekurangan ? 
- Kemungkinan terjadinya interferensi dengan teknologi lain yang menggunakan ISM band,
- Kecepatan data relatif rendah, dan
- Sinyal yang lemah di luar batasan.


0 komentar to “Bluetooth”

Posting Komentar

 

Iseng Iseng Copyright © 2011