24 September 2012

Wifi

,
Wifi atau Wireless fidelity adalah teknologi jaringan nirkabel yang digunakan di seluruh dunia. Wifi menggunakan standart IEEE 802.11 yang dirilis tahun 1997. Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. 


Mode Akses Koneksi Wifi  
Ad-Hoc

Mode koneksi ini adalah mode dimana beberapa komputer terhubung secara langsung, atau lebih dikenal dengan istilah Peer to Peer. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi hanya 2 atau 3 komputer, tanpa harus membeli access point.
                       
Infrastruktur

Menggunakan access point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).

Sistem keamanan pada Wifi

Terdapat beberapa jenis pengaturan keamanan pada Wifi antara lain :

WPA-PSK (Wifi Protected Access - Pre Shared Key)
adalah pengamanan jaringan nirkabel dengan menggunakan metoda WPA-PSK jika tidak ada authentikasi server yang digunakan. Dengan demikian access point dapat dijalankan dengan mode WPA  tanpa menggunakan bantuan komputer lain sebagai server.

WPA2 Pre-Shared Key Mixed

wpa2 merupakan level keamanan yang paling tinggi. enkripsi utama yang digunakan pada wpa2 ii yaitu enkripsi AES. Untuk menggunakan WPA2 diperlukan hardware baru mampu bekerja dengan lebih cepat dan mendukung perhitungan yang dilakukan oleh WPA2. sehingga tidak semua adapter mendukung level keamanan WPA2 ini.

WEP
Shared Key atau WEP (Wired Equivalent Privacy) adalah suatu metoda pengamanan jaringan nirkabel, disebut juga dengan Shared Key Authentication. Shared Key Authentication adalah metoda otentikasi yang membutuhkan penggunaan WEP. Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan (oleh administrator) ke client maupun access point. Kunci ini harus cocok dari yang diberikan akses point ke client, dengan yang dimasukkan client untuk autentikasi

0 komentar to “Wifi”

Posting Komentar

 

Iseng Iseng Copyright © 2011